Kamis, 21 Agustus 2014

Khasiat Olahraga Renang

Tahukah Anda? Manfaat Renang Bagi Tubuh Kita
Olahraga air memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Yaitu,

1.       Membentuk dan menguatkan otot
Air memiliki kepadatan 12 kali lipat daripada udara, membuat setiap gerakan di air seperti melewati hambatan. Hal ini membuat renang seperti melakukan aerobik. Satu penelitian mengemukakan bahwa seseorang yang menyelesaikan program renang selama 8 minggu mengalami peningkatan massa otot trisep sebesar 23,8%. Selain itu, renang cepat dengan ritme yang teratur dapat meningkatkan tiga hal yaitu, ketahanan kardio, kekuatan dan ketahanan otot.

2.       Meningkatkan kesehatan jantung
Berenang dengan rutin dapat meningkatkan efisiensi jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh. Columbia University Medical Center mengemukakan bahawa berenang dapat melawan risiko penyakit jantung korener.

3.       Membakar Kalori
Tahukan anda, hanya berenang selama setengah jam mampu membakar 200-300 kalori.

4.       Mencegah Stres dan Depresi
Olahraga renang seperti yoga, pada saat renang otot-otot mendapatkan peregangan dan relaksasi dengan disertai teknik pernapasan yang berirama. Itulah sebabnya renang dapat menghindari stres dan depresi. Menurut Aimee C. Kimball, Director of Mental Training di Center for Sports Medicine dari University of Pittsburgh Medical Center, berenang dapat melepaskan endorfin, hormon antistres.

5.       Minim Risiko Cedera

Saat di air, tubuh menjadi terasa ringan, karena destribusi berat yang harus ditopang oleh tubuh berkurang hingga 50%. Otot dan persendianpun menerima tekanan yang lebih sedikit dibandingkan ketika melakukan aktivitas di darat. Oleh karena itu, berenang dengan teknik yang benar memiliki risiko cedera yang lebih sedikit dibandingkan olahraga lain yang dilakukan di atas air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar