Selasa, 08 Juli 2014

GIGI sehat

Perawatan untuk kesehatan gigi kita

Menyikat gigi dengan baik penting juga untuk kesehatan gigi yang baik. Membersihkan mulut baik-baik akan mengeluarkan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi. Bila gusi lembek dan berpenyakit, gigi mungkin menjadi tidak kukuh dan sering jatuh. Kesehatan yang buruk akan mengakibatkan jaringan-jaringan yang tidak sehat di dalam mulut.
Berapa seringkah gigi itu harus disikat? Sekurang-kurangnya dua kali sehari. Gigi harus disikat baik-baik ke jurusan di mana gigi itu tumbuh. Gigi atas hendaknya disikat dari atas ke bawah. Ini harus meliputi gusi dan juga gigi. Gigi bawah hendaknya disikat dari bawah ke atas, dengan memasukkan sikat itu di antara celah-celah gigi. Baik gigi atas maupun gigi bawah harus disikat dengan seksama pada setiap sisi dengan gerakan menyapu untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang mungkin terselip dia antara gigi. Bila perlu, semacam kwast boleh juga digunakan untuk membersihkan bagian di antara gigi. Ada baiknya memijat gusi sengan seksama, dengan menggunakan suatu sikat yang lembut untuk maksud ini.
Mulut yang bersih menolong menjadikan suatu kepribadian yang menarik dan suatu pembawaan yang lebih berbahagia. Mulut yang tidak biasanya dialami karena kelalaian bertahun-tahun lamanya. Tetapi dalam keadaan gigi yang paling buruk sekalipun selamanya ada sesuatu yang dapat diperbuat untuk memperbaiki keadaan itu.

Untuk kesehatan gigi yang baik ada baiknya datang kepada dokter gigi sekali atau dua kali setiap tahun. Jangan tunggu sampai anda sudah mempunyai beberapa gigi berlubang. Pergilah kepada doktersekarang selagi gigi anda masih dalam kondisi yang baik. Jika sesuatu perbaikan perlu diadakan, jangan ragu-ragu untuk minta dokter mengadakannya. Gigi anda sama pentingnya bagi kesehatan anda sebagimana pentingnya bagi rupa tubuh kita. Lakukanlah segala sesuatu yang dapat anda lakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dalam kondisi yang baik. Anda akn merasa lebih berbahagia bila mengetahui bahwa anda tidak menggagu orang lain karena kelalaian anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar